justifikasi makhluk quotes.

jadilah dirimu sendiri;
atau
mulai dari diri sendiri.

dua kalimat yang sangat, jauh berbeda. 

dua kalimat hebat, tapi tidak tepat. setidaknya untuk satu sama lain.

jadilah dirimu sendiri;
kalimat imperatif pasaran yang banyak ditemukan di bio sosmed orang-orang. kalimat yang membuat kita lebih jujur pada diri sendiri.

“aku melakukan ini, karena inilah diriku. aku berbuat begitu, karena aku adalah aku. aku mengatakannya, karena aku menjadi diriku sendiri. hebat kan?”
hebat. jika yang kau lakukan, kau perbuat, kau katakan, apapun itu yang tercurah dari “dirimu sendiri” patut membuat ibu jari teracung. tak perlu lagi kau ubah, apapun yang menjadi bagian dari dirimu sendiri.

tapi, terkadang malah jadi bumerang. berbalik menghancurkan pribadi yang terlalu percaya dengan dirinya sendiri. jadi bahan justifikasi tanpa bukti.

“tak usahlah belajar, karena inilah diriku. tak perlulah berbuat, karena aku adalah aku. aku suka apa yang kulakukan, aku lakukan apa yang kusuka, karena aku menjadi diriku sendiri. masih hebat?”

justifikasi orang-orang itu seram. membenarkan diri sendiri, padahal fakta sudah berkata. sudah macam Bani Israel yang menutup mata, padahal mereka mendengar. menyumpal telinga, padahal mereka melihat. tetapi lisan senantiasa mengoceh soal pembenaran perbuatannya.

“karena kami adalah kami,” mungkin begitu kata mereka.

ya, karena mereka adalah mereka. kita adalah kita. kamu adalah kamu. dia adalah dia.
&aku adalah aku;
maka aku memilih untuk 
memulai dari diri sendiri. 
memulai dari yang kecil & mulai dari sekarang...

...mungkin untuk menjadi diri sendiri tanpa justifikasi?

—kunink.


;ditulis sekitar pukul 2.55 dini hari. menunggu kantuk hingga bulan suntuk 

&memanggil mentari untuk menghukumku. lihat saja.
besok pasti mataku persis seperti punya si Panda.

Comments

Popular posts from this blog

masih bingung judulnya apa

tentang selandia baru.